Pilih Laman

Organ Pada Hewan

Organ merupakan bentukan dari kelompok jaringan yang mempunyai fungsi khusus seperti yang telah dijelaskan pada materi jaringan pada hewan. Organ-organ tersebut mempunyai fungsi khusus masing-masing dan selanjutnya membentuk suatu sistem kerja yang saling berkaitan dalam proses biologis dalam tubuh. Berikut sistem-sistem yang terbentuk.


1. Sistem Sirkulatori : terdiri dari atas organ yaitu jantung, pembuluh darah (arteri, vena), pembuluh kapiler (arteriol dan venula). Fungsi dari sistem ini adalah memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh, dan membawa darah kembali ke jantung, serta membawa nutrisi dan oksigen ke sel.


2. Sistem Respiratori : Organ-organ ini terdiri dari hidung, faring, laring, trakea, paru-paru (
bronchus, brohiol, dan alveoli). Fungsi daripada organ-organ tersebut adalah untuk proses pengambilan oksigen dan pelepasn karbondioksida.


3. Sistem Gastrointestinal (Pencernaan) Hewan Mamalia : mulut (gigi, lidah, bibir, pipi, rahang, dan langit-langit), tonsil, faring, esofagus, lambung, lambung ruminansia : rumen, reticulum, omasum, abomasum), usus halus, usus besar (kuda, anjing, babi, ruminansia), anus, dan organ pencernaan aksesori ( glandula saliva, pankreas, hati). Fungsi dari organorgan pencernaan adalah melakukan aktivitas mencerna makanan yang meliputi menelan, mengunyah, mencerna, menyerap, dan membuang). Berikut gambar sistem pencernaan kambing (Ruminansia) 

4. Sistem Reproduksi :
Sistem reproduksi hewan mamalia terdiri dari sistem reproduksi jantan dan betina. Berikut merupakan organ-organnya.

Organ-organ pada sistem reproduksi berfungsi sebagai alat untuk bereproduksi atau menghasilkan individu baru.

5. Sistem Uriner :
Sistem uriner merupakan sistem yang melakukan proses penyimpanan, pemrosesan / memproduksi, dan pengeluaran cairan / urine. Berikut merupakan gambar organ-organ pada sistem uriner

6. Contoh Soal :
1. Apa yang membedakan organ pencernaan hewan ruminansia dan non-ruminansia ?
Jawab : Perbedaan organ pencernaan anatar hewan ruminansia dan nonruminansia adalah lambungnya. Hewan ruminansia memiliki bagian lambung bagian rumen, reticulum, omasum, dan abomasum. Sedangkan hewan nonruminansia tidak memiliki lambung bagian tersebut.


2. Organ Manakan yang berfungsi sebagai penyimpanan, pemrosesan, dan pengeluaran cairan ? atau urine ?
a. Lambung
b. Paru-Paru
c. Ovarium
d. Ginjal
Jawab : d. Ginjal


3. Organ reproduksi pada hewan jantan adalah ?
a. Vagina
b. Ovari
c. Testis
d. Tubafalopi
Jawab : c. Testis