Pilih Laman

Pendahuluan

Tumbuhan tersusun atas banyak sel. Sel-sel itu pada tempat tertentu membentuk jaringan. Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama dan terikat oleh bahan antarsel membentuk suatu kesatuan.

Jaringan tumbuhan berbeda dengan jaringan hewan. Jaringan ini terdiri dari sel-sel meristem, suatu analog dari sel-sel punca (stem cells) hewan. Organisme bertalus, seperti alga (ganggang) dan fungi (jamur), tidak memiliki jaringan seperti jaringan pada tumbuhan, meskipun mereka dapat membentuk struktur-struktur khas mirip organ, seperti tubuh buah dan sporofor. Hal tersebut berbeda dengan tumbuhan lumut yang dapat dikatakan telah memiliki jaringan tetapi belum memiliki jaringan pembuluh yang jelas.

Contoh soal:
1. Apa yang membedakan tumbuhan dengan organisme bertalus?
Jawaban: Tumbuhan sudah memiliki organ/jaringan sejati seperti akar, batang dan daun sedangkan organisme bertalus belum memiliki organ sejati.


2. Apa perbedaan utama yang menyebabkan tumbuhan dikelompokkan menjadi kingdom yang berbeda dengan jamur?
Jawaban: Hal yang membuat jamur memiliki klasifikasi yang berbeda dengan tumbuhan adalah cara mendapatkan makanannya. Tumbuhan mendapatkan makanan secara autotrof yakni melalui fotosintesis. Sedangkan jamur mendapatkan makanan secara heterotrof.