Pilih Laman

Teknologi pada sistem gerak manusia

  1. Penyembuhan Patah Tulang.

Ada tiga metode utntuk menyembuhkan patah tulang yaitu :

  • Pemasangan gips : adalah suatu metode penyembuhan patah tulang dengan cara pemasangan bahan kapur di sekitar tulang yang patah untuk membantu tulang tersangga dengan baik sampai sembuh kembali.
  • Pembidaian : yaitu metode penyembuhan patah tulang dengan cara menempatkan benda keras di sekeliling tulang yang patah. Pembidaian bertujuan untuk menjaga agar tulang yang patah tidak bergerak.
  • Pembedahan internal : suatu metode penyembuhan dengan cara membedah, kemudia menempatkan logam pada tulang yang patah.
  1. Penyembuhan kanker dan tumor tulang

Kemoterapi pada dasarnya merupakan suatu metode penggunaan obat dengan daya yang kuat untuk membunuh sel-sel kanker.  Selain itu metode lain yang dapat digunakan adalah radioterapi yang merupakan metode penyembuhan yang dilakukan dengan menggunakan sinar radioaktif, misalnya sinar x atau sinar gamma

  1. Penyembuhan dengan metode lainnya

Penyembuhan permasalahan sistem gerak seperti tulang dapat dilakukan dengan metode lain seperti penggantian sendi yang merupakan penggantian sendi yang rusak dengan logam.  Selain itu ada juga metode penyembuhan transplantasi sumsum yang merupakan proses transfer sumsum tulang merah dari pendonor ke resipien.  Meteode penyembuhan tulang yang lainnya adalah tangan bionic yang merupakan suatu teknologi untuk mengganti tangan asli yang sudah tidak berfungsi denga baik akibat berbagai hal misalnya kecelakaan sehingga tangan asli perlu diampitasi, tangan bionik ini yang menggantikan tangan asli tersebut.

Contoh soal :

  1. Pertanyaan : Teknologi apa yang digunakan untuk sebagai upaya penyembuhan patah tulang dengan cara penenaman logam ke dalam tulang ?

Jawab : Pembedahan internal : suatu metode penyembuhan dengan cara membedah, kemudia menempatkan logam pada tulang yang patah.

  1. Pertanyaan : Teknologi yang seperti apa yang ditujukan untuk mengganti tangan asli ?

Jawaban : tangan bionic yang merupakan suatu teknologi untuk mengganti tangan asli yang sudah tidak berfungsi denga baik akibat berbagai hal misalnya kecelakaan sehingga tangan asli perlu diampitasi, tangan bionik ini yang menggantikan tangan asli tersebut