Pilih Laman

Teknologi pada Sistem Peredaran Darah

Berbagai teknologi telah dikembangkan untuk mendiagnosis gangguan pada system peredaran darah dan upaya pengobatan serta penanganannya. Beberapa contoh teknologi yang berkaitan dengan system peredaran darah adalah sebagai berikut.

1. Ekokardiografi (Echocardiography) 

Ekokardiografi merupakan suatu teknik untuk mengetahui struktur internal dan gerakan jantung serta pembuluh darah yang besar tanpa memasukkan alat ke dalam tubuh pasien. Caranya, gelombang ultrasonic diarahkan ke dada pasien menggunkan transduser. Kemudian, transduser bertindak sebagai penerima pantulan balik gelombang ultrasonic (echo) untuk membentuk bayangan.

Gambaran yang dibentuk oleh pantulan dipindahan ke layer, yang dapat menampilkan gambaran bagian dalam jantung, ukuran dan gerakan dinding ventrikel, anatomi dan gerakan katup, arah aliran darah, adanya gumpalan darah, dan tumor digangguan pada katup jantung, penyakit jantung bawaan, gagal jantung, tumor di jantung, dan gangguan fungsi ventrikel kiri.

2. Pemindaian dengan Bahan Radioaktif 

Cara ini merupakan cara yang aman untuk mendeteksi penyakit jantung. Pada dasarnya metode ini dilakukan untuk mengetahui aliran darah di arteri jantung dan untuk mengetahui fungsi ventrikel. Pasien disuntik dengan bahan radioaktif yang tidak berbahaya. Kemudian, pasien berbaring dan di bagian jantung diperiksa dengan detector sinar gamma. Detektor akan merekam gambar jantung dan dari rekaman tersebut dapat dibuat foto polaroidnya.

Satu-satunya ketidaknyamanan dari metode ini adalah saat pasien disuntik menggunakan jarum suntik. Metode ini digunakan untuk memeriksa rasa nyeri dada atau memastikan hasil uji dari penggunaan metode lain, dan memeriksa hasil terapi jantung atau operasi bypass.

3. Angioplasti 

Angioplasti dilakukan untuk membuka aliran darah pada pembuluh darah yang tersumbat oleh plak (timbunan lemak). Caranya, balon yang masih kempis diletakkan pada tabung kecil panjang (kateter), kemudian dimasukkan ke dalam bagian arteri yang tersumbat. Setelah letaknya tepat, balon digelembungkan. Saat balon membesar, plak akan terdorong keluar, arteri melebar, dan aliran darah kembali lancar.

4. Operasi Bypass Jantung 

Operasi bypass sering kali dilakukan terhadap pasien yang menderita penyumbatan pembuluh darah arteri jantung. Pada operasi bypass, dilakukan pencangkokan pembuluh darag baru dari aorta menuju ke jantung. Untuk itu, diperlukan vena dari bagian tubuh lain untuk menggantikan jalur arteri jantung yang tersumbat.

CONTOH SOAL!
1.      Apabila seseorang mengalami tumor pada katup jantung, penyakit jantung bawaan, gagal jantung, tumor di jantung, dan gangguan fungsi ventrikel kiri dapat diketahui dengan pemeriksaan ?

2.      Metode ini digunakan untuk memeriksa rasa nyeri dada atau memastikan hasil uji dari penggunaan metode lain, dan memeriksa hasil terapi jantung atau operasi bypass, merupakan suatu kegunaan dari metode ?

Jawab :

1.    Ekokardiografi

2.    Pemindaian dengan bahan radioaktif