Pilih Laman

Faktor-faktor yang Memperngaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan dan Manusia

Faktor yang memperngaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan manusia dibedakan menjadi dua, yaitu faktor dalam (internal) dan faktor luar (eksternal).

1. Faktor Dalam ( Internal)

Faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan meliputi gen dan hormon.

a. gen

Gen merupakan substansi pembawa sifat yang diturunkan dari induk kepada anaknya. Gen mempengaruhi ciri dan sifat pada hewan dan manusia, misalnya bentuk tubuh, tinggi tubuh, warna kulit, warna rambut, warna bulu, dan sebagainya.

b. Hormon

Hormon adalah zat yang dihasilkan dari makhluk hidup, berfungsi untuk mengendalikan berbagai fungsi tubuh. Meskipun kadarnya sedikit, hormon memberikan pengaruh yang nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam tubuh. Kandungan hormon pada manusia dengan hewan memiliki berbagai perbedaan.

2. Faktor Luar ( Eksternal)

a. Nutrisi (makanan)

Makanan merupakan sumber energi yang digunakan untuk aktivitas, pertumbuhan, serta perkembangan hewan dan manusia. Kualitas dan kuantitas makanan akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Zat gizi yang diperlukan hewan dan manusia adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

b. suhu

Semua makhluk hidup membutuhkan suhu yang sesuai untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Begitu pula halnya dengan hewan dan manusia. Suhu mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan. Hal ini berkaitan dengan kerja hormon dan enzim yang sangat ditentukan oleh suhu. Selain itu, suhu juga sangat mengendalikan proses homeostasis pada tubuh dan setiap makhluk hidup memiliki kisaran suhu dimana seluruh proses fisiologis berlangsung dengan sempurna yang dikenal dengan suhu optimal.

c. cahaya

Cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia. Keberadaan cahaya sangat berpengaruh terhadap jam biologis pada hewan, perilaku, dan kerja beberapa senyawa yang berkaitan dengan fisiologi makhluk hidup.

Kita tentu mengenal istilah hewan diurnal dan nokturnal dimana mereka memiliki waktu aktivitas yang berbeda. Hewan diurnal adalah hewan yang beraktivitas di siang hari dimana sebagian besar senyawa, fungsi tubuh, dan perilaku merespons keberadaan cahaya yang tinggi. Sementara itu hewan nokturnal adalah hewan yang merespons minimnya keberadaan cahaya dengan mengembangkan kondisi fisiologi dan perilaku yang sesuai. Sebagai contohnya, kemampuan sonar pada kelelawar.

d. air

Air merupakan faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Air sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Tanpa air, makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup. Air merupakan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh. Tanpa air, reaksi kimia dalam sel-sel tubuh tiak akan terjadi sehingga makhluk hidup tersebut akan mati.